AnekaMesin.com
Produsen Mesin Berkualitas

Harga Terus Naik, Pedagang Siasati Dengan Kemasan Gula Pasir Seperempat Kilogram

Operasi pasar yang dilakukan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (Diskoperindag dan UKM) Kabupaten Gresik bersama Provinsi Jatim hanya berimbas sesaat.



Sekarang ini harga gula pasir kembi meroket dan terus merangkak naik. Sekarang ini di Psar Baru Gresik, Jl Gubernur Suryo, harga gula pasir sudah Rp 16.000/Kg sampai ke toko perancangan bisa sampai Rp 17.000 hingga Rp 18.000/Kg.

Informasi yang dihimpun SURYA.co.id di Pasar Baru Gresik, beberapa pedagang sempat tidak berani membeli gula pasir sebab dikhawatirkan tidak cepat habis sebab pembelinya tidak ada.

Jadi di stan-stan pedagang pasar Baru Gresik tidak semuanya mempunyai stok gula pasir.

"Apa yang distok. Dibuat modal yang lain yang cepat laku lebih baik. Beli satu sak gula pasir bisa rugi banyak. Tidak cepat laku harganya terus naik," kata Atik, pedagang kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) dan bumbu-bumbu di Pasar Baru Gresik, Minggu (12/6/2016).

Sebelumnya, pedagang sempat dibuat bingung dengan adanya pasar murah dari Diskoperindag Kabupaten Gresik yang menjual gula pasir seharga Rp 12.000/Kg.

Tapi karena tidak setiap hari dan stok gula pasir di toko besar tetap tidak ada sehingga harga gula pasir sekarang kembali Rp 16.000/kg.

Kenaikan harga lainnya yaitu kacang tanah yang sudah dikupas naik menjadi Rp 27.000/Kg. Sebelumnya hanya Rp 25.000/Kg.

Belum lagi harga daging sapi juga tembus Rp 100.000/Kg, daging ayam sampai Rp 32.000/Kg. Sebelumnya harga daging sapi dan daging ayam turun kisaran Rp 2.000/Kg.

"Terpaksa ini dikemasi seperempat kilogram dengan harga Rp 4.000. Perkilogramnya ketemu Rp.16.000 lagi. Tapi pembelinya lumayan banyak tidak harus membeli satu kilogram," kata Sulis, pedagang bakan bokok di Pasar Baru Gresik.

Hadi Kuntala, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Baru Gresik, mengatakan bahwa kenaikan gula pasir karena di gudang Bulog sendiri sedang kosong.

"Begitu juga di pabrik gula stok juga tipis karena panen tebu belum mulai," kata Hadi.

Sekarang ini operasi pasar murah oleh Diskoperindag dan UKM Kabupaten Gresik masih terus berlangsung tapi tempatnya berpindah-pindah.

SUMBER
Unknown Unknown Author